Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver

Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver. Buat pemain pokemon lawas, pasti udah akrab dengan nama tempat ini. Awalnya saya pikir tempat ini adalah tempat yang istimewa. Ternyata biasa aja. Yang menarik dari tempat ini cuma puzzle. Tidak ada pokemon Legenda. Namun setelah mencoba searching, ternyata ada beberapa rahasia di setiap puzzle. Dan di versi yang telah di remake, di tempat ini terdapat pokemon legenda. Sudah terbayang tempatnya? Yup, inilah Ruins of Alph dengan segala misterinya yang akan saya ungkap. 
Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver
Ruins of Alph di HG/SS

Ruins of Alph berlokasikan di Barat Daya dari Kota Violet. Sama seperti versi Gold, Silver dan Crystal, Ruins of Alph adalah rumah dari Unown, pokemon Alphabet yang terdiri dari 28 bentuk. Disana ada 4 ruangan yang masing-masing berisikan Puzzle. Selesaikan semua Puzzle itu untuk mendapatkan semua jenis Unown. Berikut adalah Puzzle dan cara membuka ruang rahasia dari Ruins of Alph di HeartGold dan SoulSilver.

Puzzle Pertama
Puzzle pertama adalah Kabuto. Puzzle ini cukup mudah. Berbeda dari Gold, Silver dan Crystal, Puzzle di HeartGold dan SoulSilver dapat di putar 180O setiap kepingnya. Memecahkan Puzzle ini akan membuka segel dari Unown bentuk A, B, C, D, E, F, G, H, I, J.
Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver
Gambar Kabuto
Untuk mengakses ruangan rahasia di Puzzle ini dengan cara dekati tulisan Unown di ujung ruangan, disana tertulis “ESCAPE”. Maksudnya Escape Rope. Gunakan Escape Rope dan pintu rahasia akan terbuka. Item yang ada disana adalah Energy Powder, Heal Powder, Oran Berry, Pecha Berry.


Puzzle Kedua
Puzzle kedua adalah Puzzle yang bergambar Aerodactyl. Hanya bisa di akses jika kamu sudah mempunyai HM03 atau Surf. Goa ini berada di sebelah selatan gerbang masuk reruntuhan ini. Lewati kolam itu dengan Surf lalu kamu akan menemukan Goanya. Memecahkan Puzzle itu akan melepaskan segel Unown yang berbentuk  R, S, T, U, V.
Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver
Gambar Aerodactyl
Untuk mengakses ruangan rahasia di Puzzle ini dengan cara dekati tulisan Unown di ujung ruangan, disana tertulis “FLASH”. Maksudnya jurus Flash. Gunakan Flash disana dan pastikan pokemonmu memiliki jurus itu. Item yang ada di ruang rahasia itu adalah Energy Root, Heal Powder, Moon Stone dan Sitrus Berry.


Puzzle Ketiga
Puzzle ini bergambar Ho-Oh.  Hanya bisa di akses jika kamu sudah memiliki HM03 atau Surf. Kamu harus lewat Union Cave untuk meraih Puzzle ini. Telusuri Union Cave. Setelah itu ada 2 jalan yang bercabang. Pilih salah satunya yang memiliki pintu keluar menuju Puzzle ini. Dengan tanda, di luar pintu keluar kamu akan bertemu Psychic Trainer. Setelah itu baru kamu masuk ke goa dan selesaikan Puzzle ini. Puzzle ini akan membuka segel Unown berbentuk W, X, Y, Z.
Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver
Gambar Ho-oh
Untuk mengakses ruangan rahasia di Puzzle ini, kamu dekati tulisan Unown yang ada di ujung ruangan ini. Disitu tertulis “HO-OH”. Maksudnya adalah Ho-Oh. Jika kamu sudah menangkap Ho-Oh, taruh Ho-Oh di slot pertama dari Party kamu saat masuk ke Puzzle ini. Item yang ada di dalam adalah Charcoal, Leppa Berry, Life Orb dan Revival Herb.


Puzzle Keempat
Puzzle yang terakhir bergambarkan Omanyte. Hanya bisa di akses jika kamu sudah memiliki HM03 atau Surf dan HM04 atau Strength. Sama seperti Puzzle Ketiga, kamu telusuri Union Cave. Singkat cerita, setelah kamu sampai di 2 jalan di lantai atas Union Cave, ambil jalan yang dihalangi batu besar. Gunakan Strength untuk memindahkan batu tersebut. Lalu keluar melewati pintu keluar tersebut untuk masuk ke ruangan Puzzle itu dan memecahkan Puzzlenya. Jika kamu sudah memecahkan Puzzle ini, Unown yang akan dibebaskan adalah Unown berbentuk K, L, M, N, O, P, Q.
Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver
Gambar Omanyte
Untuk mengakses ruangan rahasia, kamu dekati tulisan Unown di ujung ruangan. Disana tertulis “WATER”. Maksudnya Water Stone. Gunakan Water Stone dan pintu pun akan terbuka. Item yang berada di dalam adalah Leppa Berry, Mystic Water, Star Piece dan Stardust.

Begitulah kira-kira rahasia dari Ruin of Alph. Sebenarnya sama saja dengan Ruin of Alph di versi Gold, Silver dan Crystal. Namun perbedaanya terletak pada Puzzlenya. Untuk membuka ruangan rahasianya sama saja. Jadi ini bisa dipraktekkan di Pokemon Gold, Silver dan Crystal. Cukup sekian info hari ini.See yaa!

Artikel Terkait

Petunjuk Ruins of Alph di Pokemon HeartGold dan SoulSilver
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email