Perbedaan Pokemon dan Digimon

Pokemon Vs Digimon
Perbedaan Pokemon dan Digimon. Saat saya masih kecil, saya berfikir kalau Pokemon dan Digimon itu sama. Ternyata dengan nama yang mirip, Pokemon dan Digimon berbeda. Walaupun sama-sama dari jepang, Pokemon Digimon memiliki perbedaan yang menarik untuk dibahas. Apa sajakah perbedaan antara Pokemon dan Digimon? Cari tau disini.

1. Perbedaan Nama

Perbedaan pertama ada pada Nama. Nama setiap Monster di masing-masing anime memiliki perbedaan. Di Anime Pokemon, Nama monsternya bernama bebas dan biasanya memiliki pengucapan yang mirip dengan evolusi sebelumnya. Contoh yang paling umum adalah Pichu>>Pikachu>>>Raichu. Sama-sama diakhiri dengan -Chu. Sedangkan pada Digimon semua monster memiliki akhiran yang sama yaitu -Mon. Contohnya Agumon, Greymon, Wargreymon. Dan pengucapan di setiap evolusi juga tidak serupa.

2. Perbedaan Evolusi

Antara Pokemon dan Digimon, monster-monsternya mengalami Evolusi. Bedanya adalah jika Pokemon berevolusi tidak dapat kembali lagi ke wujud semula. Misalnya Pikachu tidak akan dapat kembali menjadi Pichu dan Raichu tidak akan bisa kembali menjadi Pikachu. Sedangkan Digimon dapat kembali ke bentuk semulanya saat pertarungan selesai.

3. Perbedaan Suara

Monster di kedua anime dapat mengeluarkan suara untuk berkomunikasi. Bedanya jika pada Digimon, monster-monsternya dapat berbicara layaknya manusia. Hampir semua Digimon dapat berbicara seperti manusia. Beda dengan Digimon, Pokemon tidak ada yang dapat berbicara seperti manusia kecuali Meowth (Nyasu) milik team Rocket. Biasanya Pokemon akan berbicara sesuai nama. Misalnya Pikachu, akan berbicara Piii...Kaa...Chuuu saat mengeluarkan move 100.000 Volt.

4. Perbedaan Trainer

Trainer adalah pelatih bagi Monsternya. Jika pada Pokemon, trainer dapat memiliki banyak Pokemon namun hanya boleh membawa 6 Pokemon pada partynya. Sedangkan Digimon, trainernya hanya dapat memiliki satu Digimon. 

5. Perbedaan Dunia

Dunia Pokemon dan Digimon sangat berbeda. Jika pada anime Pokemon, monster dan manusia berbagi tempat hidup alias hidup bersama di dunia nyata. Sedangkan Digimon hidup berdampingan, manusia hidup di dunia nyata sedangkan Digimon hidup di dunia digital. Namun terkadang di anime, dua dunia ini saling bertubrukan dan Digimon dapat pergi ke dunia nyata.

Sebenarnya Pokemon dan Digimon memiliki keseruan yang sama. Namun saya lebih condong ke Pokemon karena Pokemon memiliki jalan cerita yang lebih sederhana. Sedangkan Digimon sedikit berbelit-belit dan sering berganti-ganti karakter utama. Sehingga membingungkan penonton. Namun dari segi gambar dan detail, Digimon lebih baik. 

Setiap anime memang memiliki kelemahan dan kelebihan. Begitu juga dengan Pokemon Dan Digimon memiliki perbedaan. Jadi, kamu lebih suka mana? Pokemon atau Digimon?

Artikel Terkait

Perbedaan Pokemon dan Digimon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email